Viral Poster Acara Bersoal Integral dan Koordinat, Buat Penasaran Warganet dan Ini Cerita Dibaliknya

Pengguna sosial media Twitter dibuat penasaran oleh sebuah poster acara berisi soal integral dan koordinat. Diketahui poster acara tersebut diunggah oleh akun bernama Twitter @barrysianturi. Dalam postinganya, terlihat sebuah poster dengan sebuah logo perguruan tinggi.

Dibawahnya tertulis Ikatan Alumni Departemen Matematika Universitas Indonesia. Selain itu, terdapat infomasi lain seperti nama acara bertajuk CFD bareng Iluni Matematika UI. Terdapat juga tanggal pelaksanaan gelaran tersebut, yakni 16 Februari 2020.

Uniknya yang membedakan poster cara ini dengan lainnya, terlihat di bagian infomasi titik kumpul dan waktu pelaksanaan. Terdapat titik koordinat 6.2119517, 106.80351 untuk menunjukkan lokasi acara tersebut. Sedangkan di bagian waktu, terdapat soal matematika.

Selain poster, @barrysianturi menuliskan keterangan: "Ni kelakuan iluni mat ui. Bikin poster mau cfd mesti ngitung integral lipat dua dulu" Hingga hari ini, Selasa (11/2/2020) postingan tersebut telah di retweets sebanyak 2,6 ribu kali dan disukai lebih dari 4 ribu pengguna Twitter

Twit bertanggal 10 Februari 2020 ini akhirnya menjadi viral dan membuat penasaran warganet. Ini terlihat dari upaya sejumlah pengguna mencoba memecahkan soal matematika ini dan mencari lokasi yang ditunjukkan oleh koordinat tersebut. Dari hasil penelusuran poster yang diunggah @barrysianturi berasal dari akun Instagram @ilunimathui.

Ketua Divisi Komunikasi Ilunimathui, Dheni Triadi Sudewo membenarkan jika poster tersebut dibuat olehIlunimathui. Dheni mengatakan ide serta pembuatannya di bawah sepengetahuan semua pengurus. "Betul itu poster dari kita semua. Dari ketuanya sendiri Shafira Bawazier membolehkan kita untuk eksplor sendiri mau seperti apa desainnya," kataDheni saat dihubungi via sambungan telepon,Selasa (11/2/2020).

Sedangkan, idepenyematan soalintegral dan titikkoordinat di dalam poster berasal dariWakil KetuaIlunimathui bernamaImanuel M Rustijono. Dheni melanjutkan, awalnya poster tersebut hanya ditujukan kepada alumni Departemen Matermatika UI. "Jadi dia dibuatbagaimana yang bisa jawab cuma alumni matematika, dikasih integral lipat dua itu," bebernya.

Setelah didesain, poster tersebut kemudian disebarluaskan melalui berbagai platform milikIlunimathui yang juga baru dibuat belum lama ini. Dheni mengatakan poster mulai viral sejakSenin (10/2/2020) malam, setelah Sekretariat Ilunimathui Barry Mikhael Cavinmengunggahnya diTwitter. Pria yang diberi tugas menjalankan akun InstagramIlunimathui ini mengaku kaget setelah mengetahui poster ini menjadi bahan perbincangan netizen.

Rencananya di hari Jumat (14/2/2020)Ilunimathui akan memberikan jawaban dari soal integeral dan titik koordinat tersebut. "Akan ada jawabnnya, jadi tempatnya lokasi, jamnya dan dress code apa," ujarDheni. Dheni menjelaskan acara yang akan digelarIlunimathui merupakan acara perdana yang digelar oleh kepengursan baru ini.

Rencanya dalam gelaran tersebut akan diadakan berbagai acara menarik. "Kita inti acara ada tiga, ada CFDnya lari dan jalan santai, mau lomba foto on the spot ada acara ngobrol bareng alumni matematika UI nya," kata alumni UI tahun 2008 ini. Wakil Ketua Ilunimathui, Imanuel M Rustijono menjelaskan dirinya membuat poster bersoal integral dan bertitik koordinat, Minggu (10/2/2020).

Dalam pembuatannya dirinya membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menyelesaikan poster tersebut. Sedangkan, idenya berasal dari spotanitasImanuel. Ia menilai bagian yang memakan waktu lama adalah membuat soal integral.

"Yang lama cari integral. Kalau titik koordinat tinggal copy paste dari goole maps" "Harus ngitung dulu, nyari 15 menitan biar dapat angka tersebut," ujarnya. Ditanya kenapa memilihintegral lipat dua,Imanuel memiliki alasan tersendiri.

Menurutnya, integral merupakan hal yang tidak dipisahkan dari matematika. "Orang awam kalau lihatintegral langsung notifnya ke matematika" lanjutImanuel. Selain itu, integral lipat dua juga lebih rumit dibandingkanintegral biasa.

"Integral cuma satu mudah tanpa coret coret. Tapi kalauIntegral lipat dua yang sudah tau tetap harus coret core. Lebih seru itu alasannya," imbuhnya. Untuk titik koordinat,Imanuel memilihnya karena matematika familiar dengan angka angka. Imanuel melanjutkan, poster buatannya tidak hanya digunakan promosi acara internal untukIlunimathui saja.

Melainkan ada sisi pembelajaran yang termuat di dalamnya. "Kontennya tidak sekedar publikasi tapi juga edukasi," ujarImanuel. Imanuel kedepannya, Ia bersama rekan rekannya yang lainnya berharap bisa memberikan kontirbusi nyata kepada masyarakat lewat keberadaanIlunimathui.

Salah satunya membumikan matematika di tengah tengah masyarakat. "Berharap orang orang tidak beranggapan matematika itu tidak seram. Tapi seru dan menyenangkan," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *