Traveloka Beri Diskon hingga Rp 200 Ribu Bagi Para Pengungsi Banjir Jakarta, Ini Caranya

Tahun baru 2020 dibuka dengan bencana alam yang melandaIbu Kota RI DKI Jakarta. Seperti diketahui pada hari pertama di tahun 2020 Jakarta mengalami banjir yang cukup parah. Hujan deras yang mengguyur sejumlah kawasan di Jakarta dan sekitarnya menyebabkan banjir di sejumlah titik sejak Rabu (1/1/2020).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, ada tujuh kelurahan dari empat kecamatan di Jakarta yang dilaporkan terendam banjir. Ketujuh kelurahan itu tersebar di Jakarta Pusat, Selatan, Utara dan mayoritas Jakarta Timur. Ketujuh kelurahan tersebut adalah Kelurahan Makasar, Kelurahan Pinang Ranti, Halim Perdana Kusuma, Kampung Melayu, Rorotan, Rawa Buaya, dan Manggarai Selatan.

Tak hanya Jakarta, wilayah di Bekasi dan Tangerang pun terendam banjir dengan ketinggian air yang bervariasi pada Rabu (1/1/2020) pagi. Kepala Pusat Data dan Informasi Komunikasi (Kapusdatin) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan hujan lebat diprediksi masih akan terjadi dari Rabu (1/1/2020) pagi hingga malam hari di wilayah Jabodetabek. Terkait hal ini, online travel agent (OTA) Traveloka memberikan promo menarik untuk para korban banjir Jakarta.

Traveloka memberikan diskon sebesar 10 persen dengan maksimal potongan harga hingga Rp 200 ribu untuk pemesanan hotel melalui aplikasi. Cara mendapatkan promo tersebut cukup mudah. Kita hanya perlu menyematkan kode promo 'BANJIRMELIPIR' saat melakukan reservasi.

Promo ini diinformasikan Traveloka lewat akun Twitter resminya. "Untuk warga Jakarta & sekitarnya yang rumahnya sedang terkena banjir, apabila membutuhkan tempat menginap sementara, dapat gunakan kode promo "BANJIRMELIPIR" untuk mendapatkan diskon s.d IDR 200,000 untuk booking hotel di aplikasi Traveloka. Semoga bisa membantu," tulis akun Twitter Traveloka.

Promo spesial ini berlaku untuk semua jenis kamar dan hotel di seluruh destinasi, sesuai dengan kebijakan masing masing hotel. Potongan harga menggunakan kode promo ini berlaku juga untuk semua metode pembayaran kecuali Pay at Hotel. Tak hanya itu, Traveloka juga memberikan kemudahan lain. Bagi yang sudah reservasi hotel namun terkena macet atau gangguang perjalanan maka bisa mengajukan pembatalan.

"Buat kamu juga yang terkena dampak gangguan perjalanan akibat banjir, bisa mengajukan pembatalan dengan cara: Flight: Submit cancel via App Airport Transfer & Car Rental: Email ke [email protected] /telp ke 08041500308 Railink: Email ke [email protected]," tulis akun Twitter Traveloka. Jokowi meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pemerintah provinsi, hingga tim SAR bersama sama memberikan rasa aman kepada warga.

"Jadi BNPB, pemerintah provinsi, SAR, semuanya harus segera bergerak bersama sama. Untuk memberikan rasa aman, memberikan keselamatan pada warga yang terkena bencana banjir," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Rabu (1/1/2020), dipantau dari live streaming YouTube Sekretariat Presiden. Akibat banjir, sejumlah fasilitas umum tidak dapat beroperasi. Seperti Bandara Halim Perdanakusumah, Tol Cikampek, dan beberapa titik nol lainnya.

"Saya kira ini harus segera dinormalisasi, sehingga fungsi fungsi itu kembali menjadi normal," ujar Joko Widodo. Yang terpenting, kata Jokowi, pemerintah pusat dan provinsi juga harus bekerja bersama sama untuk menanggulangi banjir ini. "Karena pemerintah pusat memang ini baru dalam proses dan belum selesai, misalnya Waduk Cimahi, Waduk Ciawi mungkin baru tahun depan selesai. Tetapi, di luar itu, semuanya harus dikerjakan," ujar Jokowi.

"Saya tadi sudah perintah Menteri PU (Pekerjaan Umum) untuk cek lapangan," lanjutnya. Presiden Joko Widodo mengimbau warga Jakarta dan sekitarnya tetap waspada dan berhati hati dalam menghadapi banjir. Jokowi juga meminta penanganan banjir agar menomorsatukan keselamatan warga.

Menurut Jokowi, keselamatan warga adalah hal yang paling utama. "Pertama, urusan banjir yang paling penting ini adalah yang berkaitan dengan keselamatan warga dinomorsatukan," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Yogyakarta dikutip dari siaran pers Sekretariat Negara (Setneg), Rabu (1/1/2020). Oleh karenanya, Joko Widodo menyampaikan tiga instruksi.

Pertama, koordinasi pihak pihak terkait seperti BNPB, pemerintah provinsi, hingga Tim SAR untuk menanggulangi banjir. Kedua, normalisasi fasilitas umum. Ketiga, kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi untuk menanggulangi banjir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *