Tanda Kompresor AC Kekurangan Oli, Cek Secara Berkala

Penggunaan AC sehari-hari di rumah memang bisa membuat udara lebih sejuk dan nyaman saat beristirahat. Apalagi jika cuaca di luar sedang panas, keberadaan AC di rumah sangat membantu sekali. Selain itu, rumah yang selalu sejuk, juga bikin aktivitas selama di rumah saja jadi lebih tenang, karena fokus berkegiatan nggak terganggu akibat rasa gerah.

Meski begitu, AC juga nggak bisa sekadar dipakai terus-menerus saja. Bagaimanapun kamu juga perlu melakukan perawatan secara berkala, agar AC tetap awet. Termasuk salah satunya adalah rutin melakukan pengecekan secara berkala. Nah, apabila beberapa tanda ini kamu jumpai, bisa jadi AC di rumah sedang kekurangan oli kompresor.

AC Tidak Dingin

Jika AC masih bekerja dengan baik, setiap kali dinyalakan harusnya memang udara sejuk yang keluar. Namun, saat sedang mengalami gangguan, bukannya keluar udara dingin, AC di rumah justru mengeluarkan udara hangat. Nggak jarang juga udara yang keluar dari AC juga sangat sedikit, sehingga nggak bisa menyejukkan ruangan. Jika hal itu terjadi, bisa jadi AC di rumah sedang kekurangan oli kompresor.

Bunyi Kompresor Berisik

Selain nggak mengeluarkan udara yang sejuk, AC yang bermasalah juga bisa mengeluarkan bunyi berisik atau cukup menganggu. Hal ini bisa disebabkan karena kompresor AC sedang bermasalah. Jika dibiarkan saja, maka berisiko menyebabkan kerusakan pada AC semakin parah.

Kompresor Panas dan Sering Mati

Kerusakan beberapa komponen pada AC, termasuk masalah kompresor dan sering mati bisa disebabkan karena faktor usia, karena AC sudah berumur 10 tahun lebih. Namun, jika masalah tetap terjadi, padahal usia AC baru beberapa tahun, maka disebabkan beberapa hal, termasuk salah satunya akibat kerusakan pada thermostat.

Freon Bocor

Kebocoran freon bisa menjadi salah satu indikasi kerusakan AC di rumah yang cukup serius. Hal ini perlu segera ditangani, karena freon sendiri mengandung beberapa zat kimia berbahaya. Namun begitu, kasus kebocoran pada AC juga bisa disebabkan karena selang pembuangan yang rusak.

Air Pembuangan Sedikit atau Bahkan Kering

Selain air pembungan yang berlebihan hingga menyebabkan kebocoran, air pembungan yang terlalu sedikit bahkan sampai kering, juga menjadi indikasi kerusakan AC di rumah. Salah satu penyebabnya, karena kompresor AC nggak bekerja optimal, lantaran kekurangan oli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *