Shin Tae-yong Dapat Tugas Berat, Benahi Prestasi Sepakbola Indonesia

Pelatihtimnas Indonesia,Shin Tae yongdiamanahkan tugas berat dari PSSI untuk membenahi prestasi sepakbola nasional. Dia ditugasi menangani tiga kelompok sekaligus yakni Timnas IndonesiaU 19, timnas U 23 Indonesia, dantimnas Indonesiasenior. Tentu bukan pekerjaan mudah bagiShin Tae yonguntuk bisa memberikan pengaruh positif dari kehadirannya di Indonesia.

PSSI sadar akan hal tersebut sehingga memberikan kontrak jangka panjang berdurasi empat tahun kepada pelatih asal Korea Selatan tersebut. Shin Tae yongpun meminta kepada publik sepak bola nasional untuk menikmati proses panjang ini tanpa mengharapkan prestasi instan. "Berbicara kesuksesan, kita harus mengupas sampai akarnya. Tidak semata mata datang pelatih bagus lalu semuanya membaik dan langsung juara," kataShin Tae yong.

"Untuk bisa menang, mulai dari federasi, staf, pemain, dan seluruh pelatih harus menjadi satu terlebih dahulu terhadap semua kelompok timnas," ujarnya. "Baik itu timnas senior, U 23, dan U 19. Saya akan selalu berusaha untuk semuanya bersatu. Itu yang akan saya coba untuk wujudkan," katanya. Terhadap hal itu, pelatih yang semasa kariernya pernah membobol gawang Persib Bandung dan Persik Kediri itu mengakui adanya tekanan.

Namun di satu sisi dia juga merasa tertantang dan hal itulah yang menjadi alasannya memilih Indonesia ketimbang tawaran tawaran dari Jepang dan China. "Jujur ada sedikit beban karena ada keinginan memberikan yang terbaik dan mengetahui ekspektasi masyarakat Indonesia terhadap kemajuan sepak bola nasional," tuturnya. "Melatih Indonesia adalah tantangan berat dan ini pertama kali di luar negeri dan juga bahasanya berbeda. Tapi antusias karena saya melihat Indonesia punya talenta dan potensi bagus," ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *