Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris, Ada Peluang Bekerja Jadi Copywriter hingga Leksikograf

Sastra Inggristermasuk ilmu pengetahuan yang menjadi jurusan atau program studi favorit di tingkat perguruan tinggi. Beberapa lulusan Sastra Inggris banyak yang memilih melanjutkan pendidikan ke jenjang pancasarjana dengan jurusan pengajaran, jurnalisme, kepustakawanan, hingga hukum. Selain itu, lulusan bahasa Inggris dapat memutuskan untuk mengambil studi lebih lanjut di bidang lain.

Bidang lain tersebut yakni pemasaran dan manajemen, keuangan, manajemen sumber daya manusia dan bisnis. Namun untuk kamu yang ingin langsung bekerja, tenang saja. Berikut beberapa peluang pekerjaan untuk kamu lulusan Sastra Inggris sebagaimana dikutip dari , Jumat (3/1/2020).

Copywriter digital merupakan pekerjaan yang menghasilkan konten tulisan untuk halaman website. Tugas utama menghasilkan tulisan yang dapat membuat pembaca termotivasi untuk melakukan sesuatu. Misal pembaca akan membeli produk atau layanan.

Kamu juga dapat menulis salinan dalam bahasa Inggris atau sebaliknya terkait informasi merek, industri, atau suatu masalah. Masalah gaji, untuk copywriter junior wilayah Eropa sekira 22.000 Euro pertahun atau Rp 341 juta. Sangat cocok untuk kamu yang memiliki keterampilan tata bahasa dan komunikasi.

Selain itu juga cocok untuk kamu yang tertari dalam dunia penerbitan. Kamu akan memberikan dukungan untuk semua tahap penerbitan buku, jurnal, majalah, materi onilne, materi publisitas. Asisten editorial melakukan berbagai tugas administrasi dan editorial yang diperlukan untuk segala hal terkait publikasi.

Di Eropa Asisten editorial dapat mengantong sekira 15.000 Euro untuk satu tahunnya atau Rp 232 juta. Baca: Sebagai guru bahasa Inggris kamu dituntut mampu membantu orang lain atau anak anak agar mampu berbahasa Inggris.

Kamu dituntut untuk mampu merencanakan, menyiapkan, dan menyampaikan pelajaran. Di wilayah Eropa, pekerjaan ini dapat menghasilkan sekira 14.000 Euro untuk satu tahun atau Rp 217 juta. Pekerjaan ini melibatkan penulisan, kompilasi dan pengeditan kamus untuk publikasi cetak dan online.

Sebagai seorang ahli kamus, kamu akan mencari data dari ribuan keping bahasa termasuk sastra, surat kabar, jurnal online, blog, grup diskusi, dan transkrip televisi dan radio (dikenal sebagai 'corpus'), untuk bukti makna dan penggunaan kata atau frasa. Tanggung jawab pekerjaan ini yakni meneliti dan mengidentifikasi kata kata baru yang umum digunakan untuk dimasukkan dalam kamus. Untuk wilayah Eropa, pekerjaan ini dapat menghasilkan sekira 18.000 Euro per tahun atau Rp 279 juta.

Untuk kamu yang kreatif dan tertarik meneliti, mewawancarai, dan menulis, maka karier dalam jurnalisme majalah mungkin cocok. Jurnalis majalah meneliti dan menulis artikel dan fitur berita untuk berbagai publikasi, biasanya terbitan berkala. Hasil jurnalis biasanya akan dicetak, tetapi banyak majalah juga diproduksi untuk web.

Untuk wilayah Eropa, pekerjaan ini mampu mengumpulkan kurang lebih 15.000 Euro per tahun atau sekira Rp 232 juta. Baca: Untuk berhasil sebagai jurnalis di surat kabar lokal atau nasional, kamu perlu memiliki tekad dan kemampuan untuk meneliti dan menulis konten yang akurat dalam waktu singkat.

Jurnalis koran meneliti dan menulis cerita untuk pers nasional, regional dan lokal. Mereka melaporkan berita dan politik, serta olahraga, seni dan budaya, ilmu pengetahuan, dan bisnis. Mereka juga meliput acara acara nasional dan lokal, hiburan dan kisah kisah menarik manusia. Di Eropa, rata rata penghasilan jurnalis baru sekira 12.000 Euro per tahun atau Rp 186 Juta.

Pengetahuan ejaan dan tata bahasa yang menyeluruh sangat penting dalam dunia penerbitan. Tugas pekerjaan copy editor atau proofreader yakni untuk memastikan bahwa materi itu jelas, konsisten, lengkap dan kredibel, dan teks itu ditulis dengan baik, secara tata bahasa benar, dan dapat diakses. Di Eropa, biasanya pekerjaan ini dibayar per jam.

Untuk satu jam sekira 23,35 Euro atau Rp 362 ribu. Dibutuhkan keahlian komunikasi dan negosiasi untuk mewakili dan mencari pekerjaan bagi orang orang berbakat di industri hiburan. Kamu akan memperjuangkan, mempromosikan, dan terkadang membela bakat yang kamu wakili.

Di Eropa, gaji untuk asisten agen baket sekira 16.000 Euro per tahun atau Rp 248 juta. Saat situs web tumbuh dan menawarkan lebih banyak informasi, pengelola konten web merupakan peran yang semakin vital. Manajer konten web bertugas untuk memastikan bahwa konten terstruktur dengan baik dan mudah ditemukan.

Selain itu juga konten yang ada memenuhi kebutuhan penggunanya dengan mencakup semua topik yang diperlukan dan terkini dan akurat. Konten yang akan Anda kelola dapat mencakup halaman web, gambar, video, posting blog, artikel tamu, ulasan dan terkadang media sosial. Untuk wilayah eropa, pekerjaan ini dapat menghasilkan sekira 20.000 Euro per tahun atau Rp 310 juta.

Selain kedelapan peluang kerja di atas ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan sastra Inggris. Pekerjaan tersebut yakni di antaranya Pustakawan akademik, Penulis, Periklanan copywriter, Administrator seni, Konsultan pendidikan, Petugas informasi, Mentor belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *