[POPULER] Para Pemain Baru Persebaya Surabaya Tampil Memuaskan, Aji Santoso Berikan Pujian

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso memuji permainan anak asuhnya setelah mengalahkan Sabah FA dalam laga persahabatan. Pada Laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Persebaya mampu bermain bagus dan menaklukkan tamunya dari Malaysia tersebut dengan skor 3 1. Sempat tertinggal melalui gol cepat Hector Ramos di menit keenam, Bajul Ijo membalas tiga gol untuk mengunci kemenangan tuan rumah.

Ketiga gol tersebut dicetak oleh brace David da Silva (8',40') dan Irfan Jaya menjelang pertandingan berakhir. Pasca pertandingan, Aji Santoso selaku pelatih Persebaya mengatakan laga berjalan menarik. Baik timnya maupun Sabah FA bermain cukup bagus.

“Menurut saya laga yang sangat menarik. Sabah juga mampu menampilkan permainan yang bagus." "Alhamdulillah, kami juga bermain cukup bagus. Paling tidak kemenangan ini bikin percaya diri,” ungkap Aji dilansir laman resmi . Lalu dirinya mengungkapkan sudah mulai mengerti sejauh mana timnya berkembang untuk menghadapi musim 2020 mendatang.

“Lebih dari itu, tentunya saya bisa tahu sampai di mana (progres) tim untuk menghadapi kompetisi nanti. Yang jelas, anak anak luar biasa,” terang Aji. Selain itu Aji menambahkan para pemain sudah terlihat mulai terorganisir dalam mengaplikasikan skema yang sudah direncanakan. Meskipun sempat ditinggal tiga hari karena absen, anak asuhnya tetap menjalankan skema yang coba diterapkan oleh Aji.

“Selama saya absen, saya hanya berikan program latihan kepada asisten pelatih. Alhamdulillah berjalan dengan baik." "Memang kami minta kepada pemain untuk menerapkan yang didapat dalam latihan, dari aspek permainan mereka sudah menjalankan dengan baik,” ungkap mantan pelatih Arema FC ini. Beberapa pemain baru juga tak lepas dari pujian sang pelatih.

Di laga tersebut beberapa punggawa anyar tampil sejak menit pertama, diantaranya penjaga gawang Rivky Mokodompit, Arif Satria, Makan Konate dan Mahmoud Eid. “Tim ini cukup prospek. Punya harapan dengan beberapa pemain baru. Mahmoud, Ricky juga bagus." "Bahkan Konate bermain luar biasa menurut saya. Meskipun kondisinya belum 100 persen. Wajar,” ungkap Aji.

Meskipun menang, Aji masih emnaruh perhatian untuk membenahi beberapa hal yang dirasa masih kurang. “Banyak perbaikan. Gol terjadi di menit awal tadi ya. (Laga) belum terlalu lama. Itu jadi perhatian saya,” pungkasnya. Selanjutnya Persebaya akan mengikuti turnamen bertajuk Piala Gubernur Jatim 2020.

Persebaya Surabaya selaku tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang sejak awal babak pertama. Namun tim tamu Sabah FA dapat mencuri gol cepat lewat kaki Hector Dimar di menit 7. Tertinggal satu gol tim asuhan Aji Santoso langsung menggeber serangan.

Tidak butuh waktu lama Bajul Ijo berhasil menyamakan kedudukan di menit 9 lewat David da Silva. Skor menjadi imbang 1 1 berkat gol yang dicetak oleh David da Silva. Bajul Ijo teruis mengurung pertahanan tim tamu Sabah FA hingga memasuki menit 30.

Pemain Sabah yang mengenakan nomor punggung 9 hampir saja membawa timnya unggul. Pemain yang mengenakan nomor punggung 90 tersbeut memiliki peluang emas lewat sundulan yang mengarah ke gawang. Namun kiper Persebaya Rivky masih sigap melakukan penyelamatan dan terhindar dari gol.

Syaifuddin bek Bajul Ijo mengalami cedera dan harus ditarik keluar pada menit 34. Rizky Ridho pemain muda Bajul Ijo masuk menggantikan perannya. Menjelang berakhirnya paruh pertama, Persebaya Surabaya berhasil melakukan come back lewat brace gol David Silva di menit 41.

Proses terjadinya gol berawal dari serangan yang dimotori oleh Konate dan meneruskannya kepada Irfan Jaya yang berlari di sisi flank. Irfan Jaya kemudian meneruskannya dengan umpan cut back kepada David Da Silva yang terlihat minim penjagaan di dalam kotak penalti. David Da Silva dapat menerima umpan tersebut dan mencetak gol cantik dengan backheel.

Skor sementara Persebaya Surabaya mencetak gol keunggulan menjadi 2 1 atas Sabah FA. Hingga babak pertama usai skor tersebut tidak berubah. Memasuki babak kedua Persebaya langsung mengambil inisiatif menyerang.

Terbukti Mahmoud Eid hampir menambah keunggulan Bajul Ijo di menit 47. Namun gol yang dicetak oleh Eid dianulir oleh wasit karena terlebih dahulu dalam posisi offside. Menit 58 sang pencetak brace gol David Da Silva digantikan oleh Patrich Wanggai.

Bajul Ijo terus menekan pertahanan tim tamu Sabah FA hingga memasuki menit 72 dengan tujuan memperbesar keunggulan. Terjadi kemelut di pertahanan Sabah FA pada menit 80. Kemelut tersebut gagal dimanfaatkan oleh para pemain Bajul Ijo yang berada di dalam kotak penalti untuk menambah gol keunggulan.

Rendy Irwan hampir menambah gol keunggulan di menit 85. Peluang tersebut berawal dari akselerasinya hingga di dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan yang kurang keras. Bola hasil tendangannya masih dapat diamankan oleh kiper Sabah FA dan menghasilkan bola rebound.

Bola rebound tersebut hampir dijangkau oleh Patrich Wanggai namun usahanya mengejar bola didahului oleh bek lawan. Pada menit 89 kini giliran Irfan Jaya yang mendapat peluang emas juga gagal dimanfaatkan untuk menambah gol keunggulan. Memasuki masa injury time kini gantian di lini pertahanan Persebaya Surabaya yang terjadi kemelut.

Hampir saja pemain Sabah FA menyamakan andai tendangannya tidak melebar. Melalui serangan counter attack Persebaya Surabaya berhasil menambah gol keunggulan lewat Irfan Jaya id menit 90+3'. Proses terjadinya gol berawal dari serangan counter attack dan Rendy Irwan yang membawa bola berhasil mengirimkan umpan chip indah kepada Irfan Jaya.

Irfan Jaya yang berada di dalam kotak penalti berhasil mengeksekusinya untuk menutup laga ini dengan golnya. Skor akhir Persebaya Surabaya berhasil meraih kemenangan 3 1 atas Sabah FA dalam laga uji coba. Rivky Mokodompit (Gk); Abu Rizal, Arif Satria, M Syaifuddin, Rachmat irianto; Aaryn Williams, M Hidayat, Konate; Irfan Jaya, Mahmoud Eid, David Da Silva.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *