Para Sopir Bus di Terminal Harjamukti Tak Terindikasi Narkoba

Petugas gabungan BNN Kota Cirebon dan Polres Cirebon Kota menggelar tes urine terhadap para sopir bus di Terminal Tipe A Harjamukti, Jl Ahmad Yani, Kota Cirebon, Kamis (26/12/2019). Pemeriksaan urine itu dipimpin langsung oleh Kepala BNN Kota Cirebon, Yaya Suryanegara, dan Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy. Keduanya memastikan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, belum ada sopir bus yang terbukti positif mengonsumsi narkoba.

"Semoga tidak ada yang positif, sampai sekarang tes urine masih berlangsung," kata Yaya Suryanegara. Ia mengatakan, sedikitnya sudah ada 30 an sopir bus yang mengemudikan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dites urinenya. Pihaknya menargetkan seluruh sopir bus yang beroperasi di Terminal Tipe A Harjamukti Kota Cirebon dites urine.

Pemeriksaan urine itu sebagai antisipasi mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan dan mengancam keselamatan penumpang. "Kalau sopir mengonsumsi narkoba sangat membahayakan, nanti tidak bisa mengendalikan bus dan lainnya," ujar Yaya Suryanegara. Sementara Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy, mengatakan bahwa semua sopir bus yang sudah diperiksa juga kondisi kesehatan baik.

Menurut dia, faktor kesehatan pengemudi menjadi faktor yang memengaruhi terjadinya kecelakaan lalu lintas. "Alhamdulillah sopir sopir di sini kondisinya sehat dan tidak ada yang positif narkoba," kata Roland Ronaldy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *