Pakar Gestur Tanggapi Agnez Mo Ngaku Tak Berdarah Indonesia: Tak Ada Niat Merendahkan Indonesia

Pakar gestur dan mikro ekspresi, Monica Kumalasari memberi tanggapan terkait pernyataanAgnez Mo yang mengaku tak memiliki darah Indonesia dalam wawancaranya dengan Media Build Series di Amerika. Hal itu disampaikan dalam video yang diunggah di kanal YouTube, Abraham Silaban, (27/11/2019). Abraham Silaban memberikan pertanyaan kepada Monica yang mempertanyakan Agnez Mo bahwa tidak terlihat ada emosi atau gestur berupaya untuk merendahkan Indonesiaataupun nasionalisme Indonesia.

Dengan tegas dijawab Monica jika Agnez Mo sama sekali tidak ada niatan merendahkan Indonesia. No . Tidak ada niatan (merendahkan Indonesia)," tandasnya. Bahkan dari gerakan tubuh pelantun 'Coke Bottle' ini pun, Monica tak melihat samasekali niatan Agnez untuk merendahkanIndonesia.

"Dan juga ketika mengatakan seperti itu, dia sedang mengartikulasi atau mengumpulkan kata katanya, agar memang yang disampaikan adalah sesuatu fakta dan bukan persepsi," jelasnya. Maka dari itu, Monica merasa pernyataan dariAgnez Modalam sebuahtalk showtak perlu lagi ditelusuri lebih lanjut. "Dan jika kita membicarakan tentangbody language, maka ini dikesampingkan sebagai sesuatu yang tidak perlu diinvestigatedlebih lanjut bahwa ini sebuah kebohongan,"

"Saya tidak mendapatkan micro expression yang merendahkan," ujarnya. Setelah melihat video tentang pernyataanAgnez Moberulang kali, Monica tak melihat sama sekali niatan sang penyanyi untuk melecehkan Indonesia. "Nah emosi yang paling harus diwaspadai ketika seseorang mengatakan suatu fakta adalah emosi yang paling jelas terlihat itu ada di facial expression ,"

"Saya tidak menjumpai emosi yang disebut dengan jijik, atau emosi yang menunjukkan seseorang itu merasa superior, dan topik pembicaraannya itu lebih inverior," ungkap sangpakar ekspresi. "Saya tidak menjumpai ekspresi itu padaAgnez Mo, karena ketika dia mengatakan seperti itu, itu adalah sebuah fakta karena dia berdarah banyak, dari beberapa nation," lanjutnya. Pakar gestur dan mikro ekspresiini setelah melihat video Agnez pada acara Build Series menjelaskan arti dari gerakan tanganAgnez Mo.

GerakanAgnez Molakukan saat mengatakan dirinya sebut tak berdarah Indonesia tersebut diartikan sebagai gerakan manipulatif. "Ini adalah merupakan sesuatubody languageyang disebut dengan gerakan manipulatif," ungkapnya. Monica mengungkapkan bahwa Agnez mengucapkan itu secara alami dan tidak dibuat buat.

Naturaly seperti itu, karena memang ya ketika diwawancara dia banyak melakukan yang seperti ini tangannya (menggerakan jari)," ujar Monica. Lebih lanjut, Monicamenganalisa bahasa tubuhAgnez Mo, mengungkapkan bahwa berita itu tidak seluruhnya dipahami tetapi hanya sepenggal. Menurutnya, karena ini video hanya sepenggal dan butuh seorang expert untuk menganalisa emosi yang menyertai Agnez.

Sehingga, Monica mengatakan tidak hanya bisa melihat suatu informasi melalui visual, auditori dan sebagainya. "Harus yang diperhatikan adalah emosi apa yang menyertai ketika sesorang mengatakan hal itu," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *