Nyeri dan Linu, Inilah Cara Memulihkan Badan Setelah Berolahraga

Berolahraga terutama secara berlebihan bisa menyebabkan rasa nyeri dan linu terutama pada otot dan persendian. Rasa nyeri yang terjadi ini bakal terasa tidak nyaman dan cukup menyebalkan.

Hal ini menyebabkan kamu harus berhati-hati ketika melakukan sedikit gerakan. Bergerak dengan terlalu cepat bisa menyebabkan rasa nyeri yang kamu alami bakal terasa menusuk.

Munculnya rasa sakit ini menyebabkan seseorang perlu melakukan hal yang tepat dalam memulihkan diri setelah olahraga. Tindakan yang tepat bisa mencegah timbulnya masalah lebih lanjut.

Ketika kamu bertindak secara sembarangan, rasa nyeri yang terjadi bisa semakin memburuk. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara memulihkan diri yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri dan linu yang muncul setelah berolahraga.

Konsumsi Makanan Kaya Omega 3

Makanan kaya omega 3 memiliki kandungan anti peradangan serta meningkatkan kekebalan tubuh di dalamnya. Nutrisi ini bisa menurunkan produksi molekul serta kandungan yang berhubungan dengan peradangan.

Terdapat hubungan antara konsumsi makanan tinggi omega 3 dengan menurunnya peradangan. Asam lemak omega 3 memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa membuat tubuh bekerja secara normal dan menopang struktur tubuh manusia.

Kurangi Konsumsi Gula

Konsumsi gula diketahui memiliki hubungan dengan peradangan. Gula bisa memicu produksi molekul penyebab peradangan di dalam tubuh. Pada jangka panjang, konsumsi gula ini bisa menyebabkan peradangan kronis.

Walau begitu, bukan berarti kamu harus menghindari konsumsi gula ini sepenuhnya. Konsumsi gula lebih sehat bisa kamu peroleh dari buah-buahan yang kamu konsumsi.

Pijat

Otot yang tengah tertekan cenderung merespons terapi otot secara positif. Pijatan ini bisa menurunkan peradangan pada otot yang baru mengalami olahraga keras.

Peradangan yang menyebabkan rasa nyeri dan ngilu akibat olahraga bisa diatasi dengan terapi pijat yang dilakukan. Pastikan untuk langsung melakukan pijatan ini setelah berolahraga untuk meminimalisasi efek buruk yang muncul.

Mandi Air Hangat

Walau mandi air dingin setelah berolahraga bisa mennyebabkan regenarasi dan menurunkan peradangan, namun sebaiknya kamu mandi dengan air hangat. Melakukannya setelah berolahraga bisa membuat otot menjadi lebih santai.

Air hangat juga bisa meningkatkan masalah peradangan dan meningkatkan tingkat gula darah. Oleh karena itu, hal ini perlu dilakukan dengan tepat dan cepat sehingga tidak memunculkan dampak buruk lainnya.

Empat cara tersebut bisa kamu lakukan untuk membantu pemulihan diri dari rasa linu dan nyeri. Jika melakukan olahraga secara rutin, rasa nyeri dan linu ini juga perlahan bakal menghilang saat kamu berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *