Mendagri Percaya Diri Sebut Pilkada Serentak 2020 Akan Berjalan Aman

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, menyebut Pilkada Serentak 2020 diikuti oleh 270 daerah. Sekiranya ada 9 provinsi yang menggelar Pilkada pada Tahun 2020. "Memang relatif terbanyak semenjak tahun 2015 yaitu 269 daerah, sekarang jadi 270, tambah satu daerah tapi tetap terbanyak," ujar Mendagri di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Senin (09/03/2020).

Pilkada untuk 9 Provinsi itu dilakukan serentak dengan Pilkada tingkat kabupaten dan kota, yakni 224 wilayah kabupaten; dan untuk tingkat kota berlangsung di 37 kota pada 32 provinsi. Menurutnya, suksesnya penyelenggaraan pilkada bukan hanya pekerjaan satu pihak, tapi juga harus didukung oleh sejumlah elemen. Baik itu pemerintah, aparat, media, dan juga masyarakat. "Election (Pemilihan) itu bukan pekerjaan satu unsur, namun kerja orkestra. Yang pertama penyelenggara Pemilu, faktor kontestan, unsur pemerintah pusat dan daerah, aparat keamanan, media dan partisipasi masyarakat," ujar Tito.

Dengan kerja bersama, Mendagri optimistis perhelatan pesta demokrasi akan berlangsung sukses dan lancar. Terlebih, proses demokrasi di Indonesia telah teruji dengan pelaksanaan Pemilu Serentak terbesar pada Tahun 2019. "Satu hal yang membuat kita cukup confident, kita sudah pengalaman beberapa kali menjalani Pemilu bahkan Pemilu Nasional termasuk Tahun 2019, ya Alhamdulillah kita bisa lalui, maka saya confident bahwa Pilkada di 270 daerah Insya Allah berlangsung aman," lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *