Kerangka Duduk di Sofa Rumah Kosong Sulit Diidentifikasi, Tak Pakai Baju, Cuma Kenakan Jas Hujan

Polisi kesulitan identifikasi kerangka manusia duduk di sofa, tak pakai baju cuma pakai jas hujan. Ditemukannya kerangka manusia duduk di sofa di sebuah rumah kosong di Bandung membuat polisi kesulitan untuk mengidentifikasi. Kerangka manusia tanpa identitas itu ditemukan hanya mengenakan jas hujan berwarna biru muda, tanpa sehelai pakaian di tubuhnya.

Polisi kesulitan mengidentifikasikerangka manusiayang ditemukan dalam keadaan duduk di sofa rumah kosong, Jalan Sukamenak Indah, Desa Sayati, Kecamatan Margahayu, KabupatenBandung,Jawa Barat. "Memang di tempat kejadian kita tak bisa menemukan identitas yang bisa menujukan siapa orang (korban) ini," kata Kapolresta Bandung Kombes Hendra Kurniawan di Mapolresta Bandung, Kabupaten Bandung, Senin (20/1/2020). Berdasarkan olah tempat kejadian perkara, kata dia, polisi bahkan tidak menemukan adanya identitas korban baik pengenal maupun identitas lainnya.

Guna mengungkap identitas korban, polisi menggandeng dokter forensik Rumah Sakit Sartika Asih Bandung. "Di TKP ini, korban tidak ditemukan menggunakan pakaian, hanya gunakan ponco. Tidak ada identitas kartu, ataupun dompet segala macam, tidak ada ini. Makanya kita kesulitan meminta bantu forensik," tuturnya. Seperti diketahui, warga Kompleks Sukamenak Indah Blok I 61 RT 006/RW 004, Desa Sayati, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dihebohkan dengan ditemukannya kerangka manusia dalam keadaan duduk di sofa rumah kosong,Selasa (14/1/2020).

Saat ditemukan, keadaan kerangka manusia itu masih menyisakan jas hujan berwarna biru muda dengan posisinya duduk dengan kedua kakinya ke bawah. Kabid HumasPolda JabarKombes Pol Saptono Erlangga menjelaskan, kerangka manusia ditemukan pertama kali oleh Suherman yang merupakan orang suruhan pemilik rumah, Johan membersihkan pekarangan. Setibanya di rumah tersebut sekitar pukul 13.00 WIB, saksi melihat rumput pekarangan sudah ada yang memotong, sudah ditanami pohon Singkong, kaca jendela depan rumah pecah dan pintu rumah samping dalam keadaan terbuka yang biasanya terkunci rapat.

"Kemudian saksi masuk ke dalam ke ruang keluarga dan langsung kaget menemukan di atas kursi Sofa yang diduga kerangka tulang manusia," kata Erlangga. Saksi kemudian memberitahukan temuannya itu kepada pemilik rumah tersebut yang diketahui bernama Johan. Mendapatkan laporan dari Suherman, Johan kemudian mengecek kondisi rumah dan melaporkannya ke polisi.

Erlangga menjelaskan, berdasarkan keterangan Johan rumah itu belum pernah di renovasi dan sudah dikosongkan sejak pemilik membeli rumah pada tahun 2014. Sementara Suherman terakhir membersihkan pekarangan rumah itu sekitar bulan Mei 2019 lalu. Dianggap janggal, mengapa bau bangkai kerangka manusia yang ditemukan duduk di sofa tidak tercium?

Penemuan kerangka manusia yang duduk di sofa di sebuah rumah kosong di Bandung dianggap aneh. Kerangka yang diperkirakan meninggal dunia 6 bulan sampai 1 tahun tersebut sama sekali tidak diketahui oleh warga sekitar. Pasalnya tetangga dan warga sekitar tidak mencium bau bangkaikerangka manusiayang yang ditemukan 'menghuni' rumah kosong Komplek Sukamenak Indah Blok I 61 Rt.06 Rw.04 Desa Sayati Kecamatan Margahayu KabupatenBandung.

Apalagi, berdasarkan hasil forensik sementara, jangka waktu kematian korban ini terbilang cukup lama, mencapai waktu 6 bulan 1 tahun. Namun anehnya, warga sekitar tidak mencium bau bangkai sama sekali. Saat ini polisi telah memintai keterangan sejumlah saksi baik dari pemilik rumah hingga warga sekitar.

"Sampai sekarang tidak ada yang mencium (bau bangkai) sampai tulang lepas pun tidak ada yang tahu," kata Kapolresta Bandung, Kombes Hendra Kurniawan, di Mapolresta Bandung, Senin (20/1/2020). Adapun, kerangka itu baru ketahuan setelah saksi Suherman, orang yang disuruh pemilik rumah, saat mendatangi untuk membersihkan rumah tak berpenghuni itu Selasa (14/1/2020) lalu. Sementara itu, Dokter Forensik RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung, Nurul Aida Fathya sendiri mengatakan bahwa mayat itu seharusnya membusuk, apalagi telah lama meninggal.

Bahkan ia menyampaikan bahwa dirinya datang ke lokasi bau bangkai ini sudah tercium. "Tercium kok bau bangkainya," katanya. Seperti diketahui, kerangka ini ditemukan Selasa (14/1/2020) lalu, oleh saksi Suherman yang merupakan orang suruhan pemilik rumah.

Saat bersih bersih, saksi masuk ke dalam ruang keluarga dan menemukan kerangka manusia diatas kursi sofa panjang. Mendapatkan laporan temuan itu, ia kemudian mengecek rumahnya, melaporkannya ke ketua RW dan kepolisian setempat. Menurut polisi, rumah itu belum pernah di renovasi dan sudah dikosongkan sejak pemilik membeli rumah pada tahun 2014.

Sementara saksi Suherman terakhir membersihkan pekarangan rumah itu sekitar bulan Mei 2019 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *