Kaleisdoskop 2019: Deretan Artis hingga Bintang Kpop Korea yang Meninggal Dunia Tahun Ini

Boleh dikatakan, belakangan ini panggung hiburan Korea tengah menjadi sorotan publik dunia. Sebut saja dua grup idol, BTS dan Blackpink yang disebut telah berhasil melebarkan sayapnya di tingkat dunia. BTS dan Blackpink dikabarkan sempat manggung di sejumlah acara di Amerika.

Namun sayangnya, di balik popularitas sederet bintang Korea yang makin bersinar, turut tersiar kabar duka yang seolah ingin menunjukkan sisi lain kehidupan industri hiburan Korea. Sepanjang tahuan 2019 ini, dikabarkan ada 5 bintang Korea yang ditemukan meninggal dunia. Sebagian dari mereka dikabarkan meninggal karena depresi yang berujung pada keputusan untuk bunuh diri.

Aktris Jeon Mi Sun ditemukan meninggal dunia pada 29 Juni 2019 di sebuah kamar hotel yang berada di daerah Jeonju, Provinsi Jeolla Utara. Pihak pemadam kebakaran Jeolla Utara mengungkapkan bahwa pihaknya menerima laporan meninggalnya aktris berusia 48 tahun tersebut sekira pukul 11:43 KST. "Dia (Jeon Mi Sun) tidak bernafas, tidak sadar, tidak ditemukan denyut nadi, sertanya jantungnya tidak berdetak ketika kami tiba," ungkapnya.

Mereka juga mengatakan bahwa kasus kematian Jeon Mi Sun langsung dilimpahkan kepada pihak kepolisian. Kematian dari aktris yang memulai debutnya pada 1990 itu diduga disebabkan oleh bunuh diri. Penyanyi Woo Hye Mi ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di rumahnya pada 21 September 2019.

Pihak kepolisian mendatangi rumah penyanyi berusia 31 tahun itu setelah mendapat laporan dari kerabat Woo Hye Mi. Pihak kerabat mengaku sudah dua hari tidak bisa menghubungi Woo Hye Mi. Sementara itu pihak Downtown E&M selaku agensi Woo Hye Mi menyatakan bahwa beberapa hari sebelumnya, penyanyi tersebut diketahui tidak hadir dalam pertemuan untuk membahas video klip dari single barunya.

"Kami begitu terpukul mengetahui bahwa Woo Hye Mi sudah tidak ada di sisi kami. Kemarin, dia tidak menghadiri pertemuan untuk membahas video klip dari single barunya, dan kemudian kami mencoba menghubunginya, namun ia tidak juga memberikan jawaban," ungkapnya. Nama Woo Hye Mi mulai melambung setelah tampil dalam acara 'Voice Korea' pada tahun 2012.

Dia berhasil mencapai 4 besar dengan teknik vokal unik serta suara yang dimilikinya. Ia dikenal dengan nama panggung Miwoo dan baru saja merilis mini album pertamanya pada 19 Agustus 2019. Hanya selang sekira tiga minggu setelah kematian Woo Hye Min, mantan personel girlband f(x), Sulli ditemukan meninggal di kediamannya.

Sulli pertama kali ditemukan oleh manajernya pada 14 Oktober 2019 pukul 15:21 KST. Manajernya memutuskan untuk mendatangi rumah Sulli setelah tidak bisa menghubungi penyanyi bernama asli Choi Jin Ri itu. Kantor Pemadam Kebakaran Seongnam mengungkapkan pihaknya menerima kabar kematian Sulli tidak lama setelahnya.

Berdasar hasil autopsi, pihak kepolisian menyatakan bahwa tidak ada dugaan tindak kejahatan seperti pembunuhan yang dicurigai sebagai penyebab kematian Sulli. Oleh karenanya, bunuh diri disebut sebagai penyebab kematian idol berusia 25 tahun tersebut. Hanya berselang satu bulan, sahabat mendiang Sulli yakni Goo Hara ditemukan meninggal dunia di kediaman pribadinya.

Mantan member girlband KARA tersebut pertama kali ditemukan oleh asisten rumah tangganya pada 24 November 2019 sekira pukul 18:00 WIB. Pihak kepolisian mengungkapkan bahwa tidak ditemukan tanda tanda tindak kejahatan pada kasus kematian idol berusia 28 tahun tersebut. Tidak hanya itu, berdasarkan pertimbangan dari pihak keluarga dan hasil investigas di tempat kejadian perkara, pihak kepolisian akhirnya memutuskan tidak akan menggelar autopsi pada jenazah Goo Hara.

Sementara itu, tindakan bunuh diri diduga kuat sebagai penyebab kematian Goo Hara. Di awal bulan Desember, publik kembali digegerkan oleh kabar duka seorang idol asal Negeri Gingseng. Cha In Ha, seorang aktor yang memulai debut pada tahun 2017 ini ditemukan meninggal dunia pada 3 Desember 2019.

Meskipun belum ada pernyataan resmi terkait penyebab kematiannya, namun Cha In Ha diduga kuat meninggal dunia karena bunuh diri. Kabar kematian aktor berusia 27 tahun itu langsung menjadi perhatian publik mengingat ia baru saja menyelesaikan proses syuting drama 'Love with Flaws.' Drama yang turut dibintangi Ahn Jae Hyeon dan Oh Yeon Seo itu sendiri baru mulai ditayangkan pada 27 November 2019, yang artinya hanya berselang beberapa hari sebelum Cha In Ha ditemukan meninggal dunia.

Pihak tim produksi drama 'Love with Flaws' sendiri telah memberikan pernyataan terkait kabar duka tersebut. Mereka menyatakan tidak akan melakukan suntingan terhadap adegan atau bagian dari mendiang Cha In Ha. Hal itu dimaksudkan untuk menghormati keinginan dari pihak keluarga Cha In Ha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *