Jalan Amblas, Truk Semen Terperosok, Dinas Bina Marga DKI Bantah Karena Hujan

Truk pengangkut muatan semen alami jeblos ban di Jalan Kebon Kacang, depan gedung Thamrin City, Jakarta Pusat pada Rabu (18/12) dinihari. Aspal jalan terperosok ke dalam lubang yang nampak terbuka lebar. Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengonfirmasi hal tersebut. Ia menduga kejadian itu disebabkan beratnya muatan yang dibawa truk.

Ia membantah jika kejadian amblasnya jalan dekat pusat perbelanjaan Thamrin City itu berhubungan dengan tingginya curah hujan yang mengguyur Jakarta pada Selasa (17/12) kemarin. "Diduga karena muatan berat, maka jembatan gorong gorong (di bawah jalan raya) patah dan ban mobil tengki masuk gorong gorong sedalam dua meter," ucap Hari saat dikonfirmasi, Rabu (18/12/2019). Sepenuturan sopir truk kontainer Nicko Valentino, dirinya sudah lima kali mondar mandir di lokasi dengan kendaraan yang sama. Tapi katanya baru sekarang dia mengalami kejadian semacam ini.

Adapun truk yang amblas itu bermuatan semen seberat 35.620 kilogram. "Sudah lima kali saya lewat sini tidak apa apa. Baru kali ini saja," ucap Nicko, di lokasi kejadian. Diketahui pada Selasa (17/12) kemarin, DKI Jakarta diguyur hujan lebat dari siang hingga menjelang petang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta sendiri mencatat ada 19 ruas jalan ibu kota pada empat wilayah kota administrasi, terendam banjir setinggi 5 40 cm. Delapan daerah pemukiman warga di Jakarta Barat juga tercatat terendam hingga ketinggian satu meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *