Jadwal BWF World Tour Januari 2020, Indonesia Masters Hingga Thailand Masters

Simak jadwal lengkap perhelatan BWF World Tour pada Januari 2020 dapat disimak dalam artikel berita ini. Berdasarkan laman resmi BWF, tercatat akan ada tiga turnamen kategori BWF World Tour Super yang akan dihelat pada bulan Januari 2020. Turnamen Malaysia Masters akan menjadi laga pembuka rangkaian BWF World Tour pada tahun 2020.

Lalu dilanjutkan dengan perhelatan Indonesia Masters hingga Thailand Masters sebagai penutup BWF World Tour 2020 pada bulan ini. (Jadwal Lengkap Ajang Bulutangkis BWF World Tour Finals 2020 bulan Januari dapat dilihat pada akhir berita) Nama nama seperti Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, (ganda putri), Yuta Watanabe/Arisa Higashino (ganda campuran), dan Ratchanok Intanon (tunggal putri) dipastikan akan berlaga di ajang Malaysia Masters 2020.

Turnamen bernama Peroduo Malaysia Masters 2020 merupakan ajang BWF Tour dengan series 500 yang akan memperebutkan total hadiah 400.000 dollar Amerika. Perhelatan Malaysia Masters 2020 akan dihelat mulai tanggal 7 12 Januari tahun depan di Axiata Arena, Kuala Lumpur. Kento Momota diprediksi akan menjadi pebulutangkis yang paling banyak dinantikan permainannya oleh para penggemar.

Selain itu, Lee Zii Jia yang baru saja menyabet medali emas SEA Games 2018 juga akan dinantikan publik Malaysia. Absennya tunggal putra asal Korea Selatan, Son Wan Ho diprediksi tidak akan mengurangi ketatnya sektor tunggal putra. Mengingat Chou Tien Chien (Taiwan), Chen Long (Cina) dan Andres Antonsenn (Denmark) akan menjadi pebulutangkis yang harus diwaspadai.

Pemenang Perodua Malaysia Masters 2018, Viktor Axelsen, juga akan berusaha keras dan berusaha meraih gelar kedua di sini dalam tiga tahun terakhir. Disektor tunggal putri, Ratchanok Intanon selaku juara bertahan dipastikan akan menjadi pusat perhatian. Apalagi ia bertekad untuk meraih gelar juara ketiganya dalam ajang Malaysia Masters untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Setelah sebelumnya pada tahun 2018 dan 2019, ia mampu meriah gelar juara Malaysia Masters. Mendapatkan gelar ketiga akan terasa lebih sulit karena ia harus siap bertemu dengan Tai Tzu Ying (Taiwan), Chen Yu Fei dan He Bing Jiao dari Cina. Pertempuran untuk mempertahankan gelar ganda putra juga tidak akan mudah diraih oleh pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya.

Karena turnamen Malaysia Masters 2019 juga akan diikuti oleh Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia), Li Jun Hui/Liu Yu Chen (China), dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang). Tuan rumah akan diwakili oleh tiga wakilnya di sektor ganda putra di ajang Malaysia Masters 2020. Sementara itu, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota juga tidak akan mudah usahanya dalam mempertahankan gelar juara.

Ganda putri asal China, Chen Yufei/Jia Yifan diprediksi akan menjadi lawan terkuat untuk menggagalkan ambisi Yuki/Sayaka. Apalagi dua ganda putri Jepang yakni Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara dan Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi tidak boleh diremehkan. Wakil Jepang lainnya yang menjadi juara bertahan di sektor ganda campuran, Yuta Watanabe/Arisa Higashino juga tidak akan mudah untuk meraih gelar juara sebagaimana tahun yang sudah diraih pada tahun 2019.

Dua wakil China yakni Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Wang Yilyu/Huang Dongping menjadi lawan terberat. Lalu, turnamen Indonesia Masters akan menjadi ajang kedua yang akan dihelat pada bulan Januari 2020. Ajang berlevel Super 500 ini akan digelar di Istora Senayan, Jakarta pada 14 19 Januari 2020.

Turnamen tersebut diyakini juga tidak akan kalah dengan turnamen lainnya yang memiliki nilai presitius yang lebih tinggi. Apalagi Indonesia Master 2020 menjadi turnamen kedua di awal tahun dan salah satu turnamen untuk mengumpulkan poin menuju Olympic 2020. Ajang ini pun menawarkan total hadiah sebesar 400 ribu Dolar Amerika Serikat atau setara Rp5,6 miliar.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, yaitu 350 ribu Dolar Amerika Serikat. Pada Indonesia Masters 2019, Indonesia berhasil membawa satu medali emas dan satu medali perak. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menyabet gelar keduanya usai menang di Malaysia Masters 2019.

Dari sektor yang sama, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjadi runner up. Dilansir dari laman resmi ,sederet pemain top dunia akan ambil bagian dalam turnamen yang memiliki series 500 tersebut. Hal ini dikarenakan Daihatsu Indonesia Masters 2020 merupakan salah satu turnamen road to Tokyo Olympic 2020.

Para pemain pun tengah berlomba lomba guna bersaing untuk mengumpulkan poin jelang olimpiade. “Kami merasa terhormat bisa menjasi sponsor Indonesia Masters tiga tahun berturut turut. Kami sangat terkesan dengan penonton di Istora yang sangat mengenal olahraga ini," ujar Ichiro Otaki, General Manager Marketing and Sales Promotion Department Daihatsu Motor. "Jelang olimpiade, kami berharap para atlet bisa berjuang maksimal dan mendapat prestasi terbaik di turnamen ini,” tambahnya.

Dilain sisi, Wiranto selaku Ketua Umum PBSI menyatakan apresiasinya atas komitmen Daihatsu dalam mendukung perkembangan bulutangkis Indonesia. “Terima kasih kepada Daihatsu atas kerjasama dan kesempatan yang diberikan dalam peningkatan prestasi bulutangkis Indonesia," ujar Wiranto. "Turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2020 merupakan uji coba dalam menghadapi olimpiade dan akan dihadiri pebulutangkis top," tambahnya.

"Mudah mudahan kejuaraan ini dapat berjalan lancar dan para atlet bisa meraih prestasi terbaik,” tutur Wiranto. Para atlet terbaik akan turun di turnamen berhadiah total 400 ribu Dollar AS ini, diantaranya Jonatan Christie, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Ada pula pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Greysia Polii/Apriyani Rahayu serta Gregoria Mariska Tunjung.

“Target kami semifinal, karena itu yang realistis. Kami sudah tidak muda lagi,” ujar Hendra dalam konferensi pers. “Untuk olimpiade, semua pemain pasti mau ke olimpiade, saya dengan Ahsan kan belum pernah dapat emas olimpiade. Jadi kami berharap bisa menang dan lolos dulu ke olimpiade,” sebut Hendra. Lalu, turnamen ketiga atau terakhir kategori BWF World Tour 2020 akan dilaksanakan di Thailand.

Ajang Princess Sirivannavari Thailand Masters 2020 menjadi nama turnamen ketiga BWF Tour pada bulan Januari tersebut. Turnamen berlevel super 300 itu akan digelar di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand. Total hadiah yang akan diperebutkan dalam turnamen tersebut sebesar 170.000 dollar Amerika.

Adapun tanggal ajang Princess Sirivannavari Thailand Masters akan dihelat mulai tanggal 21 hingga 26 Januari 2020. Tanggal Pelaksanaan: 7 12 Januari 2020 Lokasi: Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia

Total Hadiah: 400.000 Dollar Amerika Level Turnamen: 500 Series Tanggal Pelaksanaan: 14 19 Januari 2020

Lokasi: Istora Senayan, Jakarta, Indonesia Total Hadiah: 400.000 Dollar Amerika Level Turnamen: 500 Series

Tanggal Pelaksanaan: 21 26 Januari 2020 Lokasi: Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand Total Hadiah: 170.000 Dollar Amerika

Level Turnamen: 300 Series

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *