Jadwal Bundesliga Pekan 26, Big Match: Ruhr Derby, Borussia Dortmund vs Schalke

Liga Jerman atau yang sering kita dengar Bundesliga akan kembali memulai pertandingan sisa musim ini pada 15 Mei mendatang. Keputusan ini diambil setelah melakukan test pengujian kepada 1.724 pemain dan staf di dua divisi teratas Liga Jerman, pada Senin lalu. Dikutip dari , Angela Merkel selaku Perdana Menteri Jerman telah dilakukan pertemuan dengan 36 klub Liga Jerman yang bermain di 2 divisi teratas pada Kamis (7/5/2020) waktu setempat.

Pertemuan tersebut menghasilkan keputusan bahwa kompetisi dua teratas Liga Jerman dapat kembali dilanjutkan. Akan terdapat beberapa laga panas pada 15 Mei 2020, dengan Ruhr Derby antara Borussia Dortmund menghadapi Schalke akan menjadi laga Big Match, Jadwal bisa dilihat di akhir berita

Meskipun demikian, pertandingan tersebut akan digelar tertutup atau tanpa dihadiri penonton di dalam stadion. Dilanjutkannya Liga Jerman merupakan kompetisi pertama di Eropa yang telah menentukan keputusan tanggal kembali digulirkannya. Seperti yang diketahui, seluruh pertandingan Liga Jerman telah ditangguhkan sejak pertengahan Maret lalu akibat pandemi corona.

Adapun para pemain dan staf kontestan Liga Jerman tidak akan dikarantina selama 14 hari apabila ada kasus positif. Hal ini telah diganti dengan pengujian test rutin yang dilakukan oleh pihak klub. "Pengujian rutin di sana, jadi periode karantina tidak ditetapkan 14 hari," kata Merkel dikutip dari .

Sebelumnya,Menteri Dalam Negeri Jerman, Horst Seehofer merestui kompetisi Liga Jerman kembali dilanjutkan pada bulan Mei ini. Keinginan kompetisi segera digelar selaras dengan yang dilakukan German Football League (DFL) yang telah mengajukan protokol kesehatan virus corona atau Covid 19. Protokol kesehatan itu meliputi pertandingan tanpa penonton, test yang diikuti pemain serta ofisial klub dilakukan secara reguler dan tidak ada karantina seluruh elemen tim jika ada kasus tes positif.

Menurut Seehofer, dirinya mendukung penuh untuk memulai pertandingan sisa Liga Jerman musim ini pada Bulan Mei. "Saya menemukan kerangka waktu Liga Sepakbola Jerman masuk akal dan saya mendukung restart pada bulan Mei." kata Seehofer dikutip dari . Lebih lanjut, Seehofer juga setuju dengan langkah yang diambil oleh DFL untuk mengajukan protokol kesehatan apabila melanjutkan sisa pertandingan musim ini.

"Saya mendukung usaha itu sebagai upaya mencoba bermain lagi," terangya. Klub dan liga yang kekurangan uang sangat ingin melanjutkan permainan sesegera mungkin, bahkan tanpa penonton, sehingga musim ini dapat selesai secara kontrak pada 30 Juni. Jerman telah menderita lebih dari 6.600 kematian akibat virus corona dengan lebih dari 162.000 orang terjangkit wabah ini.

Sekedar informasi, di kompetisi teratas Liga JermanBayern Munchen sedang mengejar gelar kedelapan berturut turut. Saat ini The Bavarian memimpin klasemen dengan 55 poin dari 25 pertandingan, memimpin 4 poin di atas Borussia Dortmund dan RB Leipzig pada posisi ketiga dengan 50. Selanjutnya di persaingan papan bawah, Werder Bremen dan Paderborn berada di zona degradasi dengan Fortuna Duesseldorf di peringkat 16, yang merupakan tempat playoff degradasi / promosi.

*untuk waktu pertandingan, masih menunggu pengumuman Bundesliga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *