Hasil Liga Inggris: Chelsea vs Southampton, Inkonsistensi Berlanjut, The Blues Takluk di Kandang

Hasil akhir pertandingan antara Chelsea menjamu Southampton ialah 0 2 untuk keunggulan tuim tamu, Kamis 926/12/2019). Berlangsung di Stadion Stamford Bridge, gol tercipta pada laga kali ini dilesakkan oleh Michael Obafemi (32) dan Nathan Redmond (73). Kekalahan kandang musim ini menjadi yang ketiga bagi Chelsea usai sebelumnya pernah ditaklukkan oleh West Ham United dan Liverpool [pada ajang Premier League.

Kekalahan ini menjadi bukti Chelsea dalam enam pertandingan terakhir tampil kurang konsiten. Salam enam pertandingan terakhir, The Blues hanya sanggup meraih tiga kemenangan dan tiga kekalahan. Pada laga sebelumnya, Chelsea mampu meraih kemenangan dengan mengalahkan Spurs dengan skor 0 2.

Namun pada pekan ke 17, The Blues juga meraih kekalahan dari Everton dengan skor 3 1. Kekalahan ini membuat Chelsea gagal memangkas selisih poin dari Man City yang menempati posisi ketiga. Southampton bertindak sebagai tim tamu mencoba membuat kejutan dengan menekan tim pertahanan Chelsea sejak menit awal laga.

Gempuran tim tamu tidak berlangsung lama, Chelsea perlahan dapat mengambangkan permainannya. Memasuki menit ke 3, Chelsea mencoba bermain sabar dan mendikte jalannya pertandingan. Permainan umpan umpan pendek coba dilakukan oleh tim asuhan Frank Lampard untuk menarik pemain tim atmu keluar dari area pertahanannya.

Kendati dapat menguasai ball possesion, Chelsea nampak kesulitan mengalirkan serangan memasuki menit ke 5. Pressing ketat yang dilakukan Southampton membuat Chelsea kerap melakukan kesalahan umpan. Penampilan Willian dipekan ke 18 mendapatkan perhatian lebih oleh pemain tengah Southampton.

Pressing ketat kepada Willian dilakukan dua hingga tiga pemain tiap pemain asal Brasil tersebut menguasai bola. Rapatnya lini pertahanan Southampton membuat Tammy Abraham kesulitan untuk menghasilkan peluang. Beberapa kali pemain berusia 22 tahun tersebut hasru menjemputr bola hingga ke lini tengah.

Selain itu, ia mencoba untuk bermain melebar demi memberikan peluang pada second lini pemain Chelsea. Kecepatan Callum Hudson Odoi dan Willian sepanjang 12 menit pertandingan belum terlihat. Keduanya justru lebih bermain kedalam untuk mencipatakan peluang bagi Reece James dan Cesar Azpilicueta di sisi sayap.

Southampton yang mampu mengimbangi permainan Chelsea mencoba tampil lebih berani dengan menguasai ball Possesion di areanya sendiri. Memasuki menit ke 16, Chelsea mencoba menaikkan intensitas serangan. Umpan umpan lambung mulai banyak dilakukan oleh Chelsea.

Postur yang mendukung dimiliki Tammy ABraham memudahkan Chelsea menggunakan strategi teersebut. Namun hingga memasuki menit ke 19, Chelsea nampak kesulitan untuk membongkar rapatnya lini pertahanan Southampton. Kecepata Ryan Bertrand pada pertandingan kali ini menyulitkan untuk Rudiger antisipasi.

Bertrand kerap kali harus dilanggar oleh lini pertahanan Chelsea untuk menghentikan akselerasinya. Kurangnya suplai ke lini serang membuat Wllian dan Hudson Odoi harus turun ke lini belakang untuk menjemput bola. Chelsea yang bertindak sebagai tuan rumah nampak kesulitan untuk menemukan permainan terbaiknya hingga menit ke 25.

High pressing line dilakuakn oleh The Saints untuk menekan kreativitas Chelsea. Permainan pressing yang dilakuakn tuan rumah membuahkan hasil di menit ke 31. Ialah Michael Obafemi berhasil mengoyak gawang Kepa dana membuat kedudukan berubah 0 1 untuk keunggulan tim tamu.

Usai tertinggal 0 1, Chelsea mencoba menaikkan intensitas serangan. Hingga babak pertama usai, skor 0 1 untuk keunggulan tim tamu. Seangan demi serangan dilakukan kedua tim.

Menit ke 48, Southampton mampu mencipatakan peluang matang. Namun Ryan Bertrand gagal memanfaatkan peluang tersebut untuk dikonversikan menjadi gol. The Blues yang masih tertinggal terus menerus melakukan serangan.

Rapatnya lini pertahanan Southampton membuat tim asuhan Frank Lampard kesulitan untuk menciptakan peluang matang. Kondisi berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan The Saints. Southampton mampu menunjukkan kinerja efektif melalui counter attack.

Beberapa kali Azpilicueta dan Emerson telat dalam turun bertahan membuat Bertrand dan Che Adams mampu mengeksploitasinya melalui kecepatan yang mereka miliki. Zona marking yang dilakukan Southampton sepanjang 60 menit pertandingan berjalan efektif. Ketika pemain Chelsea enguasai bola di area pertahanan tim tamu, dua higga tiga pemain yang langsung memberikan pengawalan.

Peluang untuk menggandakan keunggulan dimiliki Southampton menit ke 65. Ialah Nathan Redmond gagal menghasilkan gol usai berhadapan dengan Kepa. Buruknya lini pertahanan Chelsea kembai berhasil membuahkan hasil bagi tim tamu.

Ialah Nathan Redmond (73) berhasil menggandakan keunggulan Southampton menjadi 0 2. Hingg laga usai tidak ada gol yang tercipta, skor 0 2 untuk keunggulan tim tamu. Kepa Arrizabalaga (GK): Antonio Rudiger, Kurt Zouma, Fikayo Tomori, (c) Cesar Azpilicueta, N'Golo Kante, Jorginho, Emerson Palmieri; Willian, Callum Hudson Odoi; Tammy Abraham

Alex McCarthy (GK): Cedric Soares, Jan Bednarek, Jack Stephens, Ryan Bertrand; Stuart Armstrong, James Ward Prowse, (c) Pierre Emile Hojbjerg, Nathan Redmond; Che Adams, Michael Obafemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *