Detik-detik PDP di Tegal Kabur Dari Ruang Isolasi Rumah Sakit Hinga Ditemukan di Kampung Halaman

Terungkap detik detik pasien dalam pengawasan (PDP) Covid 19 kabur dari RSI Harapan Anda, Kota Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (18/4/2020) malam, hingga akhir dijemput petugas di kampung kelahirannya. Pasien yang berprofesi sebagai sopir tersebut diketahui baru pulang dari Jakarta. Kemudian, ia menjalani perawatan di RSI Harapan Anda, Kota Tegal, Jawa Tengah di ruang isolasi.

Lalu, pasien meminta agar dirinya dirawat di ruang berbeda bukan di ruang isolasi corona. Namun, permintaan pasien tersebut tidak dipenuhi karena prosedur penanganan PDP di ruang isolasi berbeda dengan pasien pada umumnya. "Yang namanya sakit begini (Covid 19) ada protokolnya. Tidak bisa pasien misalnya memilih minta di ruang VIP sendirian. Ruang isolasi berbeda dengan ruangan sakit biasa," kata Wakil Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid 19 Jumadi, Minggu (19/4/2020).

Pasien tersebut kemudian kabur dari ruang isolasi dibantu sang istri pada Sabtu (18/4/2020) sekitar pukul 21.00 WIB. Bahkan, saat keduanya kabur sempat terekam dalam kamera CCTV rumah sakit setempat. Saat petugas medis menyambangi kediaman mereka di Desa Berkat, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, keduanya tidak ditemukan di rumahnya.

Hingga akhirnya pasien ditemukan di kampung halaman atau tempat kelahirannya di Desa Dawuhan, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Minggu (19/4/2020) siang. "Alhamdulillah sudah ditemukan dan berjanji akan masuk lagi ke rumah sakit," kata Jumadi yang juga Wakil Wali Kota Tegal ini, Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr Hendadi Setiaji mengatakan, alasan pasien tersebut kabur dari ruang isolasi karena jenuh.

Selain itu, ia merasa sudah dalam kondisi sehat. Padahal meski sudah merasa sehat, hasil swab PCR nya belum keluar maka belum bisa dipastikan sembuh. "Jadi pasien ini sudah merasa sehat. Meski hasil swab PCR nya belum turun," kata Hendadi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (19/4/2020) malam.

Pasien, kata Hendadi, saat ini sudah kembali masuk rumah sakit, tapi bukan ke RSI Harapan Anda Kota Tegal. "Saat ini di RSUD Suradadi Kabupaten Tegal," katanya. Baca juga: Ini Alasan Ketua RT Tolak Pemakaman Perawat di Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *