Cara Dapatkan Token Listrik Gratis, Cek Struk Pembayaran Serta Langkah Mudah Mengaksesnya

PT PLN (Persero) menggratiskan listrik bagi pelanggan daya 450 VA untuk meringankan dampak ekonomi dari virus corona (Covid 19) yang berjumlah 23.832.071 pelanggan. Kebijakan pembebasan tarif listrik tersebut diperuntukan bagi konsumen rumah tangga. Keputusan itu akan berlaku selama tiga bulan yakni pada April, Mei, dan Juni 2020.

Sementara bagi pelanggan PLN dengan daya 900 VA subsidi, ada keringanan dari pemerintah berupa diskon tarif listrik sebesar 50 persen. Pelanggan di kategori 900 VA penerima subsidi ini berjumlah 7.290.720 pelanggan. Untuk mengetahui siapa saja yang memperoleh keringanan biaya listrik dari pemerintah, Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka menjelaskan cara mengecekannya kode gratis pada meteran pelanggan.

Ia mengatakan, caranya cukup mudah dengan melihat rekening pembayaran listrik. "Jadi kalau ada pertanyaan 'Saya dapat diskon enggak?', jawabannya adalah 'Silakan dicek di struk pembayaran rekening terakhir atau pembelian pulsa terakhir'," kata Suprateka yang dikutip dari Kompas.com, Jumat (3/4/2020). Menurutnya, kode M (mampu) dalam R1 M menandakan kategori listrik tersebut adalah pasca bayar dan tidak bersubsidi.

Sementara kode R1MT berarti listrik pra bayar dan bersubsidi. Sehingga apabila setelah struk pembayaran rekening dicek, ternyata berkode R1M dan R1MT berarti tidak mendapat bantuan dari pemerintah. Untuk kode R1 dan R1T merupakan kategori pelanggan listrik yang mendapat bantuan dari pemerintah.

Untuk pengambilan token gratis bagi pelanggan rumah tanggah golongan 450 VA dan diskon 50 persen bagi golongan 900 VA bersubsidi, bisa dilakukan melalui dua cara. Dengan ID pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengungkapkan, sampai saat ini token listrik gratis masih belum bisa diklaim melalui WhatsApp.

Ini karena PLN dan Facebook (pemilik WhatsApp) masih menyelesaikan persiapan, terutama terkait kapasitas server. Darmawan berujar, pihaknya langsung melakukan komunikasi dengan Facebook begitu Presiden Jokowi mengumumkan pelaksanaan program listrik gratis bagi pelanggan 450 VA dan diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA subsidi. "Untuk nomor WhatsApp hari ini mendapatkan laporan sedikit bermasalah, bukan dari pihak PLN nya, tapi dari pihak WhatsApp yang sedang meng upgrade server nya, karena memang traffic nya akan sangat tinggi," jelas Darmawan, Jumat (4/4/2020). Proses upgrade ini disebut akan memakan waktu beberapa hari.

Dengan demikian, Darmawan memproyeksikan klaim token listrik gratis melalui WhatsApp ke nomor 08122 123 123 baru bisa dilakukan pada Senin (6/4/2020). "Insyaallah nanti (listrik gratis PLN) akan bisa berjalan mulai hari Senin, hari ini masih sedang dalam tahap perbaikan." "Bukan dari PLN nya, tetapi dari server pihak WhatsApp dengan Facebook," ujar Darmawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *