Alasan Mickey Mouse dan Teman-Temannya Pakai Sarung Tangan

Kalau Anda perhatikan, Mickey, Minnie, Goofy, Pinocchio, dan sejumlah karakter animasi klasik Disney selalu memakai sarung tangan. Tampilan ini terutama bisa ditemukan di desain karakter film animasi lawas. Sebenarnya apa alasan dibalik pemberian sarung tangan putih ini? Ini penjelasan lengkapnya.

Singkatnya, para tokoh animasi klasik memakai sarung tangan putih untuk menyederhanakan proses intensif. Menggambar karakter yang bagus butuh waktu dan presisi. Para animator ingin pekerjaan mereka lebih mudah dan cepat, sehingga mereka menggunakan beberapa teknik. Menurut laporan Vox, salah satunya adalah penggunaan garing lengkung alih-alih garis bertepi. Penggunaan garis lengkung ini menyederhanakan penggambaran beberapa fitur karakter, termasuk pada bagian tangan.

Membedakan Tangan dan Tubuh di Era Film Hitam Putih

Pada era film hitam putih, membedakan tubuh karakter animasi yang berwarna hitam dan tangan yang bulat tadi secara visual terbilang sulit. Karena itulah sarung tangan warna putih digunakan untuk mengakalinya.

Walt Disney disebut sebagai rumah produksi pertama yang menggunakan karakter animasi bersarung tangan. Awalnya Mickey Mouse juga tampil dengan tangan hitam bulat. Lalu dia muncul di The Opry House dengan celana pendek berkancing raksasa, sepatu kedodoran, dan sarung tangan putih yang jadi ciri khasnya sebelum beralih ke rancangan kostum modern.

Tetap Melekat Meskipun Teknologi Animasi Sudah Maju

Setelah teknologi perfilman berkembang dan film berwarna mulai dikenal, film animasi juga mulai mengadopsi teknik yang sama. Tentunya Mickey dan kawan-kawan sudah tak perlu hadir di layar dengan warna monokrom lagi. Membedakan tangan dari tubuh yang berwarna hitam bukan hal yang sulit dilakukan lagi. Mereka tak perlu lagi memakai sarung tangan.

Walaupun begitu, sarung tangan putih sudah kadung melekat dengan citra karakter-karakter tersebut. Jadi sarung tangan putih tetap dipertahankan pada desain karakter sampai puluhan tahun kemudian.

Alasan Lain: Agar Terlihat Manusiawi

Satu lagi alasan penggunaan sarung tangan pada karakter animasi yang disampaikan Walt Disney kepada penulis biografinya, Bob Thomas pada tahun 1957. Tujuannya adalah menjadikan karakter Mickey Mouse dan kawan-kawan tampak lebih manusiasi, sehingga lebih dekat dengan para penonton.

“Kami tidak ingin dia [Mickey] memiliki tangan tikus, karena seharusnya dia tampak lebih manusiawi,” tutur Disney seperti dilansir The New York Times. “Jadi kami memberinya sarung tangan. Lima jari terlihat kebanyakan untuk sosok sekecil itu, jadi kami juga mengambil satu jarinya.”

Jadi itulah alasan kenapa para karakter animasi Disney memakai sarung tangan. Ternyata bukan urusan mode semata, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *